Header-fix-2

  1. Home
  2. »
  3. VAKSIN HPV (KANKER...
  4. »
  5. Simak! Ini Vaksin...

Vaksin HPV terbaru di Dunia

Vaksin HPV terbaru di Dunia

                Vaksin HPV (Human Papillomavirus) adalah salah satu vaksin yang cukup populer di kalangan wanita, namun belum banyak khalayak awam yang tahu mengenai kemunculan vaksin HPV terbaru di Dunia. Vaksin HPV buatan perusahaan farmasi Merck ini dikenal dengan nama dagang Gardasil 9, dan secara generik sebagai Human Papillomavirus 9-valent vaccine, recombinant (9vHPV).2 Apa yang membuatnya berbeda dengan vaksin-vaksin HPV pendahulunya? Simak penjelasan singkat dibawah ini!

Artikel terkait : BEDA VAKSIN HPV CERVARIX DAN GARDASIL

                Sebelumnya perlu kita ingat kembali bahwa vaksin HPV mengandung partikel dari beberapa jenis  atau strain HPV. Di Indonesia, dua jenis vaksin HPV yang beredar dan digunakan adalah vaksin HPV bivalen, yang memberikan proteksi terhadap infeksi HPV 16 dan 18 dan vaksin HPV kuadrivalen, yang melindungi kita dari serangan HPV 6 dan 11 selain dari HPV 16 dan 18.3 Kedua vaksin ini sudah terbukti secara klinis dapat mencegah sebagian besar infeksi HPV karena tipe virus yang dicakupnya adalah tipe virus yang paling sering menjadi dalang penyebab penyakit kutil kelamin maupun kanker yang dapat disebabkan HPV.

                Nah, bila merujuk kepada penjelasan tadi maka vaksin HPV 9-valent, sesuai dengan namanya, dapat memberikan perlindungan terhadap 9 tipe HPV. Apa saja? Selain dari 6, 11, 16 dan 18 yang sudah tercakupi oleh vaksin HPV konvensional, vaksin ini  juga melindungi penggunanya dari HPV tipe 31, 33, 45, 52, dan 58.3 Vaksin terbaru ini dibuat tentu dengan alasan tertentu. Ternyata, meskipun sebagian besar infeksi HPV dapat dicegah oleh vaksin HPV yang ada, masih ada kemungkinan kecil kita terinfeksi meskipun vaksinasi sudah kita dapatkan. Hingga saat ini terdapat 150 tipe HPV yang sudah teridentifikasi dan hampir 40 jenis diantaranya adalah yang termasuk paling sering menginfeksi sehingga menyebabkan kutil kelamin. Lebih berbahaya lagi, beberapa tipe HPV penyebab kanker masih belum tercakup oleh vaksin kuadrivalen, seperti HPV 31 dan 33 sebagai contohnya.3 Oleh karena itu, para peneliti dan pengembang obat berkolaborasi dalam upayanya mengeradikasi infeksi virus ini secara sempurna, kemudian lahirlah vaksin HPV 9-valent sebagai salah satu terobosan terbaru. Vaksin teranyar ini juga tersedia dalam 3 dosis seperti “kakak-kakak”-nya. Jarak waktu pemberiannya pun sama. Suntikan kedua diberikan minimal dengan interval waktu 1 – 2 bulan dari suntikan pertama, kemudian suntikan terakhir atau ketiga dilakukan 6 bulan dari dosis pertama (0, 2 dan 6 bulan).   

                Lalu, bagaimana efektivitas vaksin ini sendiri? Studi terbesar dari vaksin HPV 9-valent yang dilakukan di berbagai negara oleh tim Broad Spectrum HPV Vaccine Study menyebutkan bahwa vaksinasi dengan vaksin 9-valent memiliki efek yang serupa dengan vaksin kuadrivalen dalam melindungi seseorang akan HPV tipe 6, 11, 16 dan 18, ditambah dengan perlindungan terhadap tipe HPV lain yang hanya dicakup oleh 9-valent.4 Hingga saat ini juga tidak ada laporan peningkatan efek samping pasca vaksinasi yang ditemukan setelah pemberian vaksinasi HPV 9-valent, sehingga keamanannya diyakini sama dengan vaksin HPV pendahulunya.3 So, semua vaksin HPV adalah aman.

                Sayangnya, saat ini vaksin ini belum masuk ke Indonesia. Beberapa negara lain sudah menyetujui penggunaan vaksin ini, seperti Amerika Serikat, Italia dan tetangga kita Singapura. Untuk harganya, bila kita berkaca dari Singapura, satu dosis vaksin ini dipatok seharga $220 atau kurang lebih Rp. 2.300.000. Semoga kedepannya vaksin ini akan segera masuk dan disetujui penggunaanya di Indonesia!

Daftar Pustaka

  1. Every Choice Health Insurance. What is Gardasil? Diakses dari https://everychoicehealthinsurance.com/2018/09/14/what-is-gardasil/. Tanggal 15 Februari 2019.
  2. Youngdahl K. Availability and impact of 9-valent HPV vaccine. Diakses dari https://www.historyofvaccines.org/content/blog/availability-and-impact-9-valent-hpv-vaccine. Tanggal 15 Februari 2019.
  3. Luckett R, Feldman S. Impact of 2-, 4- and 9-valent HPV vaccines on morbidity and mortality from cervical cancer. Hum Vaccin Immunother. 2015;12(6):1332-42.
  4. Joura EA, Giuliano AR, Iversen OE, Bouchard C, Mao C, Mehlsen J, Moreira ED Jr, Ngan Y, Petersen LK, Lazcano-Ponce E, Pitisuttithum P, Restrepo JA, Stuart G, Woelber L, Yang YC, Cuzick J, Garland SM, Huh W, Kjaer SK, Bautista OM, Chan IS, Chen J, Gesser R, Moeller E, Ritter M, Vuocolo S, Luxembourg A; Broad Spectrum HPV Vaccine Study. A 9-valent HPV vaccine against infection and intraepithelial neoplasia in women.N Engl J Med.2015 Feb 19;372(8):711-23.
  5. HPV Vaccine Singapore. Diakses dari http://telokblangahclinic.com/hpvvaccine tanggal 15 Februari 2019.

Artikel terkait: DAFTAR HARGA VAKSIN / BIAYA IMUNISASI KLINIK VAKSINASI RAISHA