Header-fix-2

  1. Home
  2. »
  3. VAKSIN HPV (KANKER...
  4. »
  5. Harga Vaksin HPV...

Berbagai harga vaksin di Asia

Berbagai harga vaksin di Asia

          Berbicara tentang vaksin HPV (Human Papilloma Virus) di Indonesia tentunya membuat kita teringat pada harganya yang relatif tinggi, tapi bagaimanakah harga vaksin HPV di Asia bila kita bandingkan dengan harga di negara kita ini? Bila ada yang sempat berceletuk bahwa vaksin HPV, dan juga vaksin-vaksin lain, di Indonesia itu mahal, sempatkah kita berpikir apakah itu memang kenyataannya? Yuk, survei ke negara-negara tetangga!

Artikel terkait : BEDA VAKSIN PENTABIO INFANRIX PEDIACEL

            Vaksin HPV tentunya kita sudah ketahui sebagai vaksin yang esensial lagi efektif dalam mencegah berbagai penyakit kelamin, terutama kanker leher rahim atau serviks. Sayangnya, meskipun keampuhannya sudah teruji lewat berbagai studi, ternyata banyak negara yang belum memasukkan vaksin ini sebagai bagian dari program vaksinasi wajibnya, termasuk Indonesia. Alhasil, vaksin HPV harus dibeli oleh tiap individu yang menginginkannya dengan harga tertentu tanpa bantuan subsidi dari pemerintah. Di Indonesia, vaksin ini memiliki kisaran harga 750.000-800.000 rupiah per dosisnya untuk vaksin bivalen, sementara vaksin kuadrivalen dapat mencapai angka diatas 1.000.000 rupiah. Bagaimanakah dengan negara lain?

            Negara-negara yang akan kita sorot pertama kali adalah negara tetangga kita yang paling dekat dengan Indonesia yakni negeri Jiran, Malaysia. Seperti Indonesia, Malaysia tidak secara sepenuhnya menggratiskan vaksin HPV, meskipun pada tahun 2018 silam mulai digalakan program khusus pemberian vaksin HPV gratis untuk wanita berusia 22-27 tahun.2 Meskipun program ini sangat baik, tetapi tidak semua kategori usia yang membutuhkan vaksin ini dapat tercakup dengan program tersebut, apalagi bila mengingat vaksin HPV sudah mulai direkomendasikan untuk diberikan sejak usia 13 tahun. Bila seseorang di Malaysia ingin mendapatkan tiga dosis vaksin HPV, maka ia harus menyiapkan uang sekitar 600 hingga 700 ringgit, atau sekitar 2,1 juta rupiah. Kurang lebih 700-800 ribu per dosis.2 Harga yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

            Dari Malaysia kita beranjak ke Thailand. Serupa dengan Malaysia dan Indonesia, di Negara ang terkenal dengan ikon gajahya ini, vaksin HPV juga belum termasuk sebagai program vaksinasi wajib. Untuk mendapatkan satu dosis vaksin HPV kuadrivalen di Thailand, uang yang harus dikeluarkan oleh seseorang adalah 2,464 baht, setara dengan 1,1 juta rupiah.3 Tidak jauh berbeda, namun sedikit lebih mahal dari Negeri kita, Zamrud Khatulistiwa.

            Melipir ke Singapura. Semua kalangan setuju bahwa biaya hidup di Negara yang terkenal dengan patung singanya ini tinggi atau mahal. Di Singapura, satu dosis vaksin kuadrivalen dapat mencapai 285 dolar singapura, setara dengan 2,9 juta rupiah Indonesia!4 Harga tersebut adalah harga termurah yang bisa anda dapatkan di negara tersebut. Lebih banyak lagi tempat penyedia vaksin yang mematok harga 360 dolar singapura (3,7 juta rupiah) untuk vaksin HPV ini, tiga kali lipat vaksin di Indonesia.4 Selain Singapura, negara lain yang memiliki harga vaksin HPV mahal adalah Hong Kong. Satu laporan pada tahun 2018 menyebutkan bahwa harga vaksin ini sudah meningkat tiga kali lipat hingga mencapai 8,000 dolar hong kong, atau 14 juta rupiah!5 Peningkatan ini ditengarai terjadi karena banyaknya warga negara Republik Rakyat Cina yang juga mencari vaksin HPV ke daerah Hong Kong ini, sehingga persediaannya terbatas.

            Fakta-fakta diatas mematahkan kabar burung yang beredar, bukan? Vaksin HPV di Indonesia adalah yang termahal bukanlah suatu hal yang benar. Masih banyak negara lain yang harganya lebih tinggi dibanding negara kita ini, pastinya dengan kualitas vaksin yang sama, terutama di negara yang tergolong maju secara ekonomi. Di Indonesia, khususnya di Jogjakarta, Klinik Vaksinasi Raisha menyediakan harga vaksin HPV khusus yang relatif lebih murah dibanding harga-harga yang sudah ada. Oleh karena itu, tidak perlu jauh-jauh ke luar sana untuk mendapatkan perlindungan dari infeksi Human Paviloma Virus. Dapatkan vaksin HPV dengan harga bersaing disini!   

Daftar Pustaka

  1. Newspaper fahsion. HPV vaccine is offered to all boys aged 12 and 13 to protect againts cervical cancer. Diakses dari https://www.archyworldys.com/hpv-vaccine-is-offered-to-all-boys-aged-12-and-13-to-protect-against-cervical-cancer/. Tanggal 11 Februari 2019.
  2. Khor S. LPPKN is giving out free HPV vaccinations for m’sian women born in 1991 to 1996 this year. Diakses dari https://says.com/ pada tanggal 10 Februari 2019
  3. Grandahl M, Chun Paek S, Grisurapong S, Sherer P, Tydén T, et al. (2018) Parents’ knowledge, beliefs, and acceptance of the HPV vaccination in relation to their socio-demographics and religious beliefs: A cross-sectional study in Thailand. PLOS ONE 13(2): e0193054.
  4. HPV vaccine Singapore – cost guide to getting vaccinated against cervical cancer. Diakses dari https://blog.moneysmart.sg/healthcare/hpv-vaccine-singapore/ pada tanggal 10 Februari 2019
  5. Chinese tourist flood Hong Kong for overpriced HPV vaccines. Diakses dari https://healthcareasiamagazine.com/healthcare/news/chinese-tourists-flood-hong-kong-overpriced-hpv-vaccine. Tanggal 10 Februari 2019

Artikel terkait: DAFTAR HARGA VAKSIN / BIAYA IMUNISASI KLINIK VAKSINASI RAISHA