1. Home
  2. /
  3. POSTING
  4. /
  5. VAKSIN VARICELLA (CACAR AIR)
  6. /
  7. VAKSIN SEBELUM KE LUAR...
vaksin,luar negeri,traveller

Vaksin sebelum ke luar negeri

Sebenarnya untuk mengetahui vaksin apa saja yang Anda butuhkan sebelum ke luar negeri Anda bisa coba search pada mesin pencari dengan keyword seperti “vaksin sebelum ke luar negeri”, “traveller vaccines”, dll atau bisa dicek melalui website CDC berikut ini http://wwwnc.cdc.gov/travel/destinations/list/ . Masalahnya adalah kadang hasil yang keluar dari website tersebut masih agak berbeda dengan fakta yang kami temukan di lapangan.

Kebijakan untuk melakukan vaksinasi tertentu juga kadang dipengaruhi oleh instansi yang akan dikunjungi atau instansi atau negara dimana pelancong tersebut diberangkatkan. Misal beberapa waktu yang lalu seorang pelancong yang akan pergi ke Korea disarankan untuk vaksin Hepatitis A dan Tifoid. Kemudian seperti yang kita tahu sebelum haji atau umroh diwajibkan vaksinasi meningokokus untuk mendapatkan kartu kuning, di samping vaksin lainnya yang juga direkomendasikan seperti influenza dan pneumokokus. Uniknya adalah ada mahasiswa yang akan sekolah di Uni Emirat Arab tetapi justru tidak diwajibkan vaksin meningitis, justru vaksin Tdap, Hepatitis B, dan MMR.

Artikel terkait : KUPAS TUNTAS VAKSIN MMR UNTUK DEWASA

Untuk ke Eropa kami pernah mendapatkan mahasiswa yang akan kuliah S2 di UK (England atau Inggris) dan mereka disarankan suntik vaksin menigitis (tanpa perlu kartu kuning), MMR, dan influenza. Kemudian beberapa mahasiswa yang akan pergi ke Prancis di sarankan untuk vaksin hepatitis B, Tdap, polio, varicella dan MMR. Untuk mahasiswa yang akan pergi ke US (Amerika), mereka disarankan vaksin Tdap dan MMR.

Artikel terkait : PERTANYAAN SEPUTAR VAKSIN ANTI MENINGITIS, INFLUENZA, DAN PNEUMONIA UNTUK JAMAAH HAJI

Nampaknya cukup membingungkan ya. Untuk itu carilah informasi dimulai dari instansi yang akan memberangkatkan Anda agar Anda tidak terlewat vaksinasi untuk penyakit-penyakit berbahaya tersebut. Jika Anda punya pengalaman juga seputar vaksinasi atau imunisasi sebelum Anda berangkat ke luar negeri silahkan bagikan informasi Anda di sini, sehingga kita semua bisa mengetahui kondisi sebenarnya yang ada di lapangan.

 

Artikel terkait : DAFTAR HARGA VAKSIN / BIAYA IMUNISASI KLINIK VAKSINASI RAISHA