header-fix

Distributor Resmi

DOCTOR ON CALL

Doctor On Call Raisha

+62-821-343-042-04

(Area Yogyakarta Dan Sleman)

KONTAK KAMI
phone 082134304204 / 087839289240
whatsApps 082134304204 / 087839289240
blackberry-messenger-icon-1004175512 5B33667A / 5AEF0DC7
email kvraisha@gmail.com

PETA LOKASI

OPERASIONAL

PRAKTIK DOKTER BUKA

SENIN-SABTU

PK 15.00-20.00 WIB

Jl. Magelang KM 4,5 Kutu dukuh No.123

(Depan MAN 3 Yk), RT 6, RW 28, 

Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

sosialisasi, vaksin, dewasa, penting, influenza, tifoid, hepatitis A, hepatitis B, HPV, meningitis, halal, pencegahan,

Sosialisasi Vaksin untuk orang dewasa kepada remaja Masjid Sinduadi

     Imunisasi adalah proses untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Sedangkan vaksinasi adalah proses memasukkan vaksin ke tubuh manusia dengan tujuan untuk mendapatkan efek kekebalan terhadap penyakit tertentu. Pemberian vaksin pada orang dewasa bertujuan untuk memberikan pencegahan terhadap suatu penyakit dan untuk mengurangi keparahan jika tetap terjangkit. Dalam upaya pencegahan penularan suatu penyakit Klinik Vaksinasi Raisha melakukan sosialisasi kepada kelopok remaja masjid di Masjid Sinduadi. Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 14 Juni 2016 bertepatan dengan acara buka bersama yang diadakan oleh masjid Sinduadi. Pengetahuan masyarakat akan pentingnya vaksin perlu ditingkatkan salah satunya dengan cara pemberian sosialisasi. Dengan adanya soasialisasi ini  maka pemahaman akan pentingnya vaksinasi akan bertambah, sehingga kesadaran untuk melakukan vaksinasi juga akan meningkat.

     Selain itu tujuan dari diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat berbagai macam penyakit berbahaya yang sebenarnya dapat dicegah melalui vaksinasi. Dengan vaksinasi, seseorang akan memiliki kekebalan terhadap penyakit. Sebaliknya, jika tidak divaksinasi seseorang akan mudah terkena atau terlular penyakit. Pada dasarnya semua orang perlu divaksinasi, terutama orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit; seperti bayi, anak usia balita, anak sekolah, wanita hamil, pasangan usia subur, orang yang akan bepergian ke daerah yang endemik dengan suatu penyakit, jamaah haji dan umroh, serta tenaga kesehatan.

Artikel terkait: Daftar Harga Vaksin

     Ketertarikan para remaja pada sosialisasi ini dapat terlihat dari beberapa pertanyaan yang mereka ajukan pada narasumber. Salah satu pertanyaan yaitu, Mengapa orang dewasa masih perlu mendapatkan vaksinasi? Pertanyan ini sering sekali kita dapatkan, dan memang vaksinasi untuk orang dewasa tidak banyak orang tau dibandingkan vaksinasi untuk anak dan bayi. Padahal orang dewasa memiliki peluang lebih besar menularkan penyakit dan  mengalami kematian akibat suatu penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksinasi.

     Suatu penelitian di Amerikan menunjukkan bahwa pemberian vaksinasi pada orang dewasa dapat menurunkan kunjungan mereka ke dokter karena sakit, selain itu pemberian vaksin untuk orang dewasa juga dapat meingkatkan taraf hidup mereka, karena mereka mempunyai waktu lebih banyak untuk bekerja dibandingkan dengan orang yang sakit. Tidak semua orang harus mendapatkan semua jenis vaksin yang disediakan untuk orang dewasa. Ada beberapa pertimbangan vaksin yang sebaiknya diberikan pada orang dewasa antara lain untuk orang-orang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh, orang yang mempunyai resiko pekerjaan tinngi untuk tertular suatu penyakit contohnya tenaga kesehatan, orang yang beresiko terpapar cotohnya salah satu pasangan yang mempunyai penyakit yang dapat dituarkan melalui cairan tubuh misalnya Hepatitis B, faktor usia, dan rencana akan bepergian ke daerah yang sedang endemik dengan suatu penyakit tertentu.

     Ketertarikan para remaja pada sosialisasi ini dapat terlihat dari beberapa pertanyaan yang mereka ajukan pada narasumber. Salah satu pertanyaan yaitu tentang kehalalan suatu vaksin. Seperti yang kita ketahui bahwa sebelum beredar di pasaran, suatu vaksin telah melalui BPOM dan LPPOM MUI. Beberapa pertanyaan lain terkait vaksinasi adalah ketika orang dahulu tidak divaksinasi mereka bisa tetap sehat, lalu mengapa sekarang vaksinasi sangat penting dilakukan. Perlu diketahui di jaman sekarang teknologi dan ilmu pengetahuan terus berkembang, sebenarnya dahulu banyak kasus kematian dan kecacatan disuatu daerah yang diakibatkan suatu penyakit, hanya saja berita tersebut  tidak langsung tersebar seperti saat ini. Dan sekarang angka ini sudah jauh berkurang dengan adanya vaksinasi. Jadi sangat jelas sekali vaksinasi penting dilakukan agar terhindar dari suatu penyakit dan untuk mengurangi keparahan jika terjangkit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Distributor Resmi

DOCTOR ON CALL

Doctor On Call Raisha

+62-821-343-042-04

(Area Yogyakarta Dan Sleman)

KONTAK KAMI
phone 082134304204 / 087839289240
whatsApps 082134304204 / 087839289240
blackberry-messenger-icon-1004175512 5B33667A / 5AEF0DC7
email kvraisha@gmail.com

PETA LOKASI

OPERASIONAL

PRAKTIK DOKTER BUKA

SENIN-SABTU

PK 15.00-20.00 WIB

Jl. Magelang KM 4,5 Kutu dukuh No.123

(Depan MAN 3 Yk), RT 6, RW 28, 

Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta