1. Home
  2. »
  3. LAST EVENT /...
  4. »
  5. VAKSINASI MASAL HEPATITIS...
vaksin hepatitis B masal FK UII

vaksin hepatitis B masal FK UII

 

Sleman, 2 Maret 2016

   Bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang Km.14,5 Ngaglik Sleman Yogyakarta, kami tim Klinik Vaksinasi Raisha Yogyakarta menyelenggarakan vaksinasi hepatitis B masal kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran UII angkatan 2012. Vaksinasi hepatitis B ini berlangsung dari pukul 15:00 hingga pukul 17:00 . Vaksinasi hepatitis B ini diikuti oleh 50 calon dokter FK UII. Vaksinasi hepatitis B dilakukan dalam tiga tahap. Tahap ini merupakan vaksinasi hepatitis B tahap ke dua, untuk tahap pertama telah dilaksanakan pada bulan Februari 2016 dan untuk jadwal vaksinasi hepatitis B berikutnya akan diselenggarakan pada bulan september 2016 yang akan datang. Vaksinasi hepatitis B masal ini merupakan upaya dalam meningkatkan kesehatan sebagai pencegahan dan perlindungan kepada petugas kesehatan dan mengurangi angka penularan hepatitis B. diharapkan program ini akan terus berlanjut sehingga angka penularan hepatitis dapat berkurang.

Artikel terkait : BEDA VAKSIN HEPATITIS B DEWASA DAN ANAK BAYI

   Seperti diketahui bahwa virus hepatitis B (HBV) adalah penyebab dan beban utama dari semua jenis penyakit hepatitis di dunia dan dapat menyebabkan penyakit liver kronis, sirosis bahkan hingga kanker hepatoselular yang dapat menyebabkan resiko tinggi kematian. Lebih dari 90% bayi/anak dan 10% orang dewasa yang mendapat infeksi hepatitis B akan menderita penyakit hati kronik. Berdasarkan angka kejadian hepatitis B di Indonesia sangat tinggi seperti yang disebutkan oleh Data Riset Kesehatan Dasar 2013 bahwa 1 dari 100 orang Indonesia telah terinfeksi Hepatitis dimana 28% nya diakibatkan oleh virus Hepatitis B, artinya bahwa tiap 300 orang yang ada di indonesia terdapat 1 orang yang telah terinfeksi virus hepatitis B yang dapat menularkan ke orang lain. Virus hepatitis sangat mudah menular dan bahkan virus hepatitis B dapat bertahan hidup diluar tubuh selama 7 hari, sehingga pencegahan awal terhadap infeksi virus hepatitis B sangatlah penting untuk mengurangi angka kejadian infeksi.  Vaksin Hepatitis B efektif 80-100% mencegah infeksi hepatitis B sekalipun kita telah terpapar infeksi hepatitis B. Pada orang-orang beresiko tinggi seperti petugas kesehatan, pekerja lab darah, orang yang tinggal serumah dengan penderita hepatitis B sebaiknya dilakukan pengecekan darah sebelum vaksinasi dan setelah vaksinasi.

   Kegiatan vaksinasi masal hepatitis B dewasa di FK UII ini merupakan wujud keseriusan kerjasama antara Klinik Vaksinasi Raisha, BioFarma, dan BEM FK UII dalam mencegah penularan virus hepatitis B di kalangan medis. Kegiatan vaksinasi hepatitis B masal ini juga dimuat dalam website resmi BioFarma dengan tautan sebagai berikut :

http://www.biofarma.co.id/news/vaksinasi-masal-hepatitis-b-dewasa-calon-koas-fk-uii-bersama-klinik-vaksinasi-raisha-yogyakarta/