Header-fix-2

  1. Home
  2. »
  3. LAST EVENT /...
  4. »
  5. Sosialisasi Vaksin Hepatitis...

vaksin hepatitis b,vaksin hepatitis b dewasa,lpp sukma medika,yogyakarta

Sosialisasi vaksin hepatitis B dewasa di LPP Sukma Medika Yogyakarta

   Penyakit Hepatitis B merupakan masalah kesehatan yang serius. Penyebaran virus hepatitis B ini terdapat di seluruh negara termasuk Indonesia yang masih menjadi negara endemis hepatitis B. Dimana hepatitis B ini tergolong dalam penyakit yang mematikan. Umumnya pada periode awal infeksi tidak menimbulkan gejala yang jelas tetapi memberikan gejala yang langsung berat saat sudah dalam tahap yang parah.

   Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus hepatitis B, Klinik Raisha melakukan kegiatan sosialisasi hepatitis B kepada karyasiswa LPP Sukma Medika Yogyakarta. Sosialisasi ini dilaksanakan Selasa, 27 Oktober 2015 di kantor LPP Sukma Medika Yogyakarta Jl. Prof. Dr. Soepomo, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh dr.Odhi Anggani sebagai narasumber, staf dari LPP Sukma Medika, dan para karyasiswa LPP Sukma Medika Yogyakarta.

Artikel terkait : BEDA VAKSIN HEPATITIS B DEWASA DAN ANAK BAYI

   Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pentingnya pencegahan penyakit hepatitis B dengan vaksinasi. Dokter menjelaskan pentingnya menjaga diri terhapad penularan penyakit hepatitis B. Dimana jenis penyakit ini tergolong infeksi yang serius dan dapat memicu terjadinya sirosis atau kanker hati. Penularan penyakit ini dapat melalui hubungan seksual, jarum suntik, transfusi darah, bayi baru lahir yang tertular ibunya, dan melalui cairan tubuh lainnya. Kadang tak terduga penularan penyakit ini dapat melalui pisau cukur dan sikat gigi.

   Vaksinasi hepatitis B sangat penting untuk mengurangi penyebaran penyakit hepatitis B yang mana penyakit tersebut sangat berbahaya dan mematikan. Jika seseorang terkena penyakit hepatitis B akan memerlukan waktu dan biaya pengobatan yang lama dan besar, bahkan sering mengancam jiwa.

   Karyasiswa LPP Sukma Medika merupakan siswa asisten perawat yang mana mereka rentan terhadap penularan hepatitis B dari pasien, oleh karenanya sosialisasi ini penting diberikan kepada mereka. Antusisme karyasiswa tampak dari banyaknya tanya jawab yang disampaikan kepada narasumber. Mulai dari pertanyaan penyebab penularan hepatitis B, cara penanganan atau pengobatan, dan cara pemberian vaksinasi.

   Melalui kegiatan sosialisasi ini, Klinik Raisha menyarankan vaksinasi hepatitis B yang diberikan 3 kali suntik dengan jadwal (0,1,6 bulan) kepada karyasiswa LPP Sukma Medika Yogyakarta. Vaksinasi hepatitis B dapat melindungi tubuh sekitar 90-95% dari virus hepatitis B. Oleh karena itu, Klinik Raisha berharap karyasiswa LPP Sukma MEDIKA Yogyakarta terproteksi dan terbebas dari serangan penyakit ini saat mereka praktik lapangan maupun kerja di pelayanan kesehatan nantinya.

Artikel terkait : PAKET VAKSIN HEPATITIS B DEWASA MURAH